Senin, 05 Mei 2014

Objek Wisata Brahma Budha Wihara Banjar

Objek wisata Brahma Budha wihara adalah salah satu objek wisata di kabupaten Buleleng yang terletak di Desa Banjar Tegeha kira - kira 18 km ke arah barat dari kota singaraja dan 2 km kearah selatan dari jalan singaraja seririt. Wihara ini terletak di kaki bukit yang menghadap ke alaut dari sini kita bisa langsung melihat pemandangan laut yang berada di sebelah utara dari wihara. Brahmawihara- Asrama ini lebih dikenal dengan nama Wihara Budha Banjar Merupakan Wihara Budha yang terbesar di Bali. Untuk masuk ke tempat ini ada beberapa aturan yag harus ditaati salah satunya yaitu tidak boleh mamakai celana pendek di atas lutut kalaupun misalna ada wisatawan yang terlanjur memakai celana pendek berkunjung kesana, petugas sudah menyiapkan kamben yang bisa di pinjam untuk memasuki wihara. Jika kita masuk kedalam maka kita akan menemukan sebuah tugu yang berbentuk seperti lonceng yang besar. Tugu ini merupakan sumbangan dari Thailand, berikut adalah gambar dari tugu tersebut.
Setelah tugu lonceng ini jika kita masuk lagi kedalam maka kita akan sampai pada candi yang sekilas kita lihat seperti miniatur dari borobudur  yang terlihat seperti gambar  berikut.
Didalam candi ini terdapat ruangan dimana di ruangan ini biasanya di lakukan persembahyangan dan kegiatan dahrma wacana dan meditasi . Di dalam candi ini terdapat stupa Budha yang terlihat seperti gambar berikut.
Bramavihara Asrama terdiri dari tiga kata yaitu : Brahma ,Vihara dan Asrama. Brahma berarti agung, sangat luhur, terpuji, mulia. Vihara berarti cahaya hidup. Asrama berarti tempat tempat tinggal. Dari arti tersebut maka dapat diartikan Brahmavihara Asrama adalah suatu tempat untuk melatih diri untuk menempa prilaku yang luhur. Pemberian nama Brahmavihara oleh alarhum Bhante Giri selaku Founding Father sangat sejalan dengamn tujuan pendirinya. Prilaku luhur dapat digali dan di hayati di tempat ini dengan jalan meditasi oleh kerena itu Brahmavihara diproklamasikan oleh Bhante Giri sebagai tempat untuk bermeditasi. Sehingga pada hari tertentu di tempat ini di adakan meditasi yang di pandu oleh Bapak Gede Prama.




View Larger Map

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...