Sabtu, 13 Desember 2014

Objek Wisata Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul adalah salah satu objek wisata faforit di Bali baik wisatawan lokal nasional maupun internasional. Objek wisata ini  terdapat di Kawasan Wisata Bedugul, selain udaranya yang sejuk juga cocok bagi anda yang senang belajar tentang konservasi tumbuhan. 
 Kebun Raya Bedugul berdiri sejak 15 Juli 1959, objek wisata ini sangat ramai dikunjungi pada musim - musim libur sekolah  maka jangan heran pada waktu - waktu tersebut kita akan menemukan bis tamasya , mobil kluarga dan kendaraan bermotor yang memenuhi tempat parkir Kebun Raya Bedugul, Apalagi pas hari Manis Galuangan dan Manis Kuningan dijamin ramai sekali.

Memasuki areal kebun raya, semuanya telihat hijau dan diawal kita disambut oleh patung Kumbakarna yang begitu besar. Untuk menikmati setiap area anda akan dihubungkan dengan jalan setapak atau bisa juga dengan melalui jalan raya yang tersedia. Karena udara yang sejuk dan pemandangan yang begitu hijau, walau daerahnya cukup luas sehingga lelah pun tidak terasa.
Sebagai salah satu dari empat kebunraya yang ada di Indonesia, Kebun Raya Bedugul Memiliki areal taman dan hutan lindung dengan luas sekitar 154,5 hektar dengan koleksi tanaman yang mencapai kira - kira terdiri dari 1.500 jenis, 320 marga, dan 155 suku tumbuhan. Dapat dibagi menjadi beberapa tanaman untuk dilindungi maupun tanaman liar yang merupakan tanaman hias, tanaman buah, tanaman untuk upacara, dsb.

Terdapat juga beraneka tanaman pakis,  dan beberapa pakis dibudidayakan didalam bangunan yang berbentuk seperti hewan purba karena pakis juga termasuk jenis tanaman purba. Selain itu juga terdapat taman anggrek / Orchid park dengan berbagai koleksinya, seperti anggrek kalajengking ( arachnisflos - aeris), anggrek tanah (spathologlottis plicata) dan jenis anggrek Epindrum Radicans dari Amerika Utara dan Amerika Selatan. serta terdapat juga koleksi bunga Anggrek Hitam ( coelogyne pandurata) yang terkenal dan hanya bisa dilihat bunganya antara bulan Juli - Agustus.


Tidak jauh dari taman anggrek terdapat juga taman kaktus yang menyimpan berbagai jenis kaktus di dalam satu ruangan kaca dan terlihat sangat begitu indah dan tertata.
Objek Wisata Kebunraya Bedugul sangat cocok untuk dijadikan wisata bermain sambil belajar, disamping jalan - jalan dan menikmati bekal yang dibawa juga bisa menambah pengetahuan tentang berbagai jenis tanaman. Selamat berkunjung ke Objek Wisata Kebun Raya Bedugul Kawan.. :)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...