Rabu, 17 Oktober 2018

Objek Wisata Tirta Empul Tampaksiring

Objek wisata tirta empul terletak di desa manukaya, Tampaksiring Gianyar, Bali. Tirta empul tepat berada di sebelah kiri istana presidan yang di tampak siring. Tirta empul menjadi salahsatu target kunjungan wisata saat perjalanan tour di bali. Akses menuju objek wisata ini cukup mudah karena berada pada jalur wisata ubud - kintamani, sehingga tempat ini wajib untuk di kunjungi para wisatawan yang berlibur ke bali.
Tirta empul adalah sebuah tempat permandian suci dan di sakralkan oleh warga Hindu. Setiap perayaan hari suci Hindu selalu ramai di kunjungi oleh warga Bali untuk ber sembahyang dan melukat atau menyucikan diri. 
Banyak wisatawan yang mengunjungi tirta empul dan tidak jarang wisatawan ikut melakukan penglukatan, ingin merasakan kesegaran air di Tirta Empul, wisatawan bisa mandi dan menyegarkan diri di kolam tirta empul berikut memohon penglukatan atau penyucian diri.



Bagi warga non Hindu jika berkeinginan merasakan aura spiritual dari tirta empul, anda bisa melakukan penyucian diri dan harus memperhatikan syarat - syarat dan ketentuan dan anda akan merasakan sentuhan wisata rohani yang berbeda, suasana tempat ini  tenang dan damai, sebuah pura dihulu tempat permandian, digunakan warga sebagai tempat bersembahyang setelah selesai melakukan penglukatan atau penyucian diri. 



Selain sebagai tempat wisata, bagi warga Hindu Tirta Empul Tampaksiring ini adalah tempat sakral yang sangat disucikan. Setiap Hari Raya suci bagi warga Hindu tempat ini selalu ramai oleh masyarakat yang ingin melukat dan sembahyang. Tidak jarang antrean pada tempat pemandian ini sampai penuh dan rela untuk antre berlama-lama, kalau pada hari biasa  agak sepi, nah disinilah kesempatan wisatawan untuk merasakan segarnya mata air alami yang disucikan tersebut.
Areal permandian  akan selalu ramai pada saat-saat hari suci keagamaan Hindu, seperti saat bulan penuh atau Purnama, apalagi saat perayaan Banyupinaruh sehari setelah  Hari Saraswati, tempat ini dipastikan akan membludak dipenuhi warga Hindu.
Tirta Empul, mempunyai mithologi unik serta masih dipercaya oleh penduduk pulau ini bahkan sampai sekarang, cerita ini muncul dari kisah Raja Bali yang lalim bernama Maya Denawa, raja membuat rakyatnya resah dan sengsara, kejadian ini membuat Dewa Kahyangan prihatin, kemudian Dewa Kahyangan mengirim pasukannya, dipimpin oleh Dewa Indra.
Maya Denawa sendiri sangat sakti sehingga susah ditaklukkan, karena kesaktian juga kelicikan maya Denawa menciptakan sungai yang mengalir air beracun sehingga membuat pasukan Dewa keracunan, dengan kesaktiannya Dewa Indra menancapkan tongkatnya sehingga muncul air (sekarang bernama Tirta Empul) untuk memerciki banyak pasukan dewa Indra kena racun, sehingga sehat seperti sedia kala. Dan akhirnya Maya Denawa bisa dimusnahkan.
untuk menuju Tirta Empul - Tampaksiring, dari arah bandara butuh sekitar 70 menit berkendaraan, tentu pilihannya anda bisa mengendarai kendaraan sendiri ataupun memakai jasa sewa mobil di Bali dan selanjutnya melanjutkan perjalanan tour ke objek wisata Kintamani, Tegalalang dan Ubud. 
 Jika liburan kebali jangan lupa untuk mengunjungi objek wisata Tirta empul.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...