Senin, 13 Mei 2019

Tips Mendaki Gunung Batur Untuk Pemula

Selain pantai dan Pura, di Bali juga terdapat wisata alamnya yaitu seperti air terjun dan gunung. Salah satunya adalah Gunung Batur. Gunung Batur terletak di daerah kintamani, merupakan gunung berapi yang masih aktif di Bali. Gunung Batur terakhir meletus pada tahun 2004 dan letusan paling dahsyat terjadi pada tahun 1926 yang sempat mengubur Desa Batur dan Pura Ulun Danu dengan lavanya.  Desa Batur dan Pura Ulun Danu Batur dibangun kembali di bagian selatan kintamani, Pura Ulun Danu hingga kini sangat terkenal di Bali, Pura ini dipersembahkan kepada "Dewi Danu" merupakan Dewi yang dipercayai umat hindu sebagai penguasa air. Disamping letusannya yang mengerikan, tersimpan berbagai keindahan yang terdapat di Gunung Batur. 

Desa Kintamani merupakan salah satu kawasan wisata favorit bagi pecinta alam, dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk menjadi daya tarik tersendiri.  



Starting point pendakian atau basecamp Gunung Batur berada di Desa Toya Bungkah. Untuk Para pendaki pemula sangat disarankan untuk menggunakan Guide dalam pendakian.  Himpunan Pramuwisata Pendakian Gunung Batur (HP2GB) sangat menyarankan untuk setiap turis yang mendaki Gunung Batur agar menggunakan jasa pemandu. Selain kita tidak akan tersesat, kita juga bisa terhindar dari hal - hal yang tidak diinginkan dan menjadi lebih aman.  

Rute Menuju Starting Point Gunung Batur 
Dari, kuta, sanur, nusa dua dan ubud kamu bisa langsung menuju ke Kintamani Bangli. Tepatnya ke desa Penelokan (kintamani) cari jalan turun ke Danau Batur. Terus ikuti jalan turun tersebut sampai ada pertigaan, dari situ belok kiri. Setelah melewati jalan yang dikelilingi batu lava kering akibat letusan Gunung Batur yang cukup panjang, maka kamu akan sampai di Desa Toya Bungkah.
Jika kamu belum pernah kesana dan tidak tau rutenya disarankan untuk memakai jasa transportasi atau menggunakan supir untuk mengantar jemput dari hotel tempat kamu menginap ke lokasi starting point pendakian Gunung Batur.  Untuk estimasi waktu pendakian kira kira 1,5 jam hingga 2 jam tergantung kecepatan kamu saat mendaki.



Tips Mendaki Gunung Batur Kintamani Bagi Pemula

  1. Jangan merusak alam dengan membuang sampah sembarangan dan jangan mencoret - coret apapun yang kamu lewati. 
  2. Sangant disarankan untuk berolahraga rutin seminggu sebelum mendaki untuk melatih fisik biar lebih bagus. Walaupun Gunung Batur tidak terlalu tinggi, namun rutenya cukup menantang bagi pendaki pemula, untuk mencegah keram jadi sangat disarankan untuk olahraga terlebih dahulu.
  3. Bawalah bekal roti dan air atau telur rebus untuk persediaan makanan, walaupun ada juga yang berjualan diatas namun harganya lebih mahal. 
  4.  Perhitungkan waktu pendakian jika memang tidak membawa tenda, jangan sampai kamu sampai puncak beberapa jam sebelum matahari terbit, selain terlalu lama menunggu mata hari terbit kita juga bisa menggigil kedinginan dipuncak.
  5. Bawalah barang secukupnya, karena Gunung Batur tidak terlalu tinggi jangan sampai memberatkan diri sendiri ketika mendaki, dan tentunya gunakan sepatu atau sandal gunung agar tidak mudah terpeleset pada saat pendakian. 
  6. Jangan lupa bawa kamera untuk dokumentasi.
  7. Gunakan  jasa pemandu jika kamu belum pernah mendaki di Gunung Batur Untuk menjaga keselamatan.
Bagu kamu yang masih pemula dan ingin mendaki Gunung Batur kami juga menyediakan paketnya, termasuk penjemputan, break fast, asuransi dan juga Guide. untuk lebih jelasnya bisa di lihat di link berikut Paket mendaki Gunung Batur Domestik  

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...