Jumat, 06 Juni 2014

Rumah Topeng dan Wayang Setiadarma

Rumah Topeng dan Wayang Setia Darma (RTWSD) adalah rumah bagi ribuan topeng dan wayang Nusantara dan juga dari beberapa negara lainnya di Asia dan Afrika. RTWSD berada di sebuah desa nan asri yang berlokasi di Banjar Tengkulak Tengah, Kabupaten Gianyar, Provinsi Bali. Selain untuk tujuan wisata keluarga dan budaya, RTWSD juga dibangun sebagai upaya bagi pelestarian, pendidikan, hiburan, dan pengembangan seni topeng dan wayang.

Gambar 1. Koleksi wayang klitik di RTWSD
 Gambar 2. Beberapa Koleksi Barong di RTWSD
RTWSD diinisiasi seorang pebisnis sekaligus pemerhati budaya, Hadi Sunyoto dan dibuka pada 2006. Berawal dari kesadaran akan rendahnya apresiasi dan kepedulian terhadap topeng dan wayang tradisional di Indonesia, ia mengoleksi topeng dan wayang dari berbagai daerah di Indonesia sejak kurun waktu 8 tahun. Koleksinya tersebut kemudian disimpan, dilestarikan, dan dibuka untuk umum agar masyarakat luas lebih mengenal keberadaannya. RTSWD dikelola sepenuhnya secara partikulir tanpa campur tangan pemerintah. Meski demikian, sistem pengelolaanya menganut prinsip kerja sebuah museum.

Menempati lahan seluas 1,4 hektar, rumah ini menyimpan 7000 koleksi yang terdiri dari 1300 topeng dari Indonesia, Afrika, dan Jepang. Sementara, untuk koleksi wayang tercatat sekira 5.700 wayang dari Indonesia, China, Malaysia, Thailand, Mianmar, dan Kamboja, dan jumlah koleksi akan semakin bertambah seiring waktu mengingat keseriusan sang tuan rumah untuk melestarikan budaya Topeng dan Wayang. 
 Gambar 3. Beberapa Koleksi Topeng dari Luar Negeri 

Koleksi yang dipamerkan di RTWSD saat ini barulah setengah dari jumlah koleksi total yang sudah dikumpulkan. Dengan koleksi selengkap tersebut, keberadaan rumah ini penting dalam melestarikan dan melihat jejak topeng dan wayang. Apalagi jika mengingat kesenian topeng dan wayang kian tergeser oleh hiburan modern.

Bangunan yang menjadi tempat penyimpanan topeng dan wayang mengadopsi prinsip arsitektur Bali. Ada pula bangunan tradisional Jawa, seperti joglo, tekuk lulang dan limasan. Taman tropis, lapangan rumput, serta pemandangan sawah menambah kesan asri rumah ini. Ruang pertunjukan juga menjadi fasilitas penunjang di RTWSD.

Di RTWSD juga sering di adakan event - event yang bertemakan kebudayaan, seperti pertunjukan wayang dan tarian dari nusantara maupun luar negeri. Selain itu di tempat ini juga sempat diadakan festival wayang dunia yang di ikuti oleh berbagai negara.

Gambar 4. Tari Kecak di RTWSD
Kehadiran rumah ini pun kian mengukuhkan Gianyar sebagai obyek wisata seni yang terkenal di dunia. Setiap hari, rumah ini dikunjungi oleh masyarakat umum, anak sekolah, mahasiswa, pemerhati wayang dan topeng, atau para peneliti.

RTWSD
Jl. Tegal Bingin, Banjar Tengkulak Tengah
Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali
Email: setiadarmabali@yahoo.co.id
Website: www.topengwayang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...