Selasa, 18 November 2014

Objek Wisata Tirta Gangga Peninggalan Kerajaan Karangasem

Objek wisata Tirta Gangga terletak di kabupaten karangasem kecamatan Abang. merupakan salah satu objek wisata paforit di kabupaten karangasem selain Pantai Pasir Putih, Taman Ujung, Amed dan Candi Dasa. Tirta Gangga adalah salah satu peninggalan dari kerajaan Karangasem yang  berada di tengah persawahan dan air yang ada di taman ini berasal dari mata air rejasa. Di dalam areal tirta gangga terdapat kolam yang di tengahnya berdiri sebuah candi menjulang tinggi, dengan air yang jernih dan dihiasi ikan - ikan yang berenang di tengah kolam. Sehingga membuat wisatawan ingin menuju ke tengah kolam dengan jalan setapak yang sudah disediakan dan bermain air sambil melihat ikan - ikan yang berenang dari jarak yang lebih dekat.
Selain kolam yang berisi candi, pada Objek Wisata Tirta gangga juga terdapat kolam berenang untuk para pengunjung. Dengan harga yang terjangkau dan air yang jernih sehingga membuat banyak pengunjung yang terterik untuk mencoba kejernihan dan kesegaran air yang langsung keluar dari sumber mata air Tirta Gangga dengan mandi di kolam renang tersebut.  
Sumber mata air Tita Gangga terletak pada Pura di bawah pohon beringin yang ada di sebelah kolam berenang. Mata air ini memiliki jumlah air yang sangat besar, Sepertiga dari pasokan mata air ini di kirim ke rumah penduduk di kota amlapura ( ibu kota karangasem) dan dua pertiganya digunakan untuk mengisi kolam dan keluaran dari air kolam langsung digunakan untuk irigasi pertanian. 
   
Nama dari Objek Wisata Tirta Gangga, berasal dari kata Tirta yang berarti air suci dan Gangga yang artinya nama sungai di India. Taman air Tirta Gangga dibangun pada tahun 1946 oleh raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung.
Taman Tirta Gangga sebelumnya pernah hancur oleh letusan gunung agung pada tahun 1963. Pemerintah kabupaten Karangasem membangun kembali taman ini dan dipergunakan untuk kawasan wisata.

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...